Perbedaan Sales ( Penjualan) dan Marketing (Pemasaran) yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Sales ( Penjualan) dan Marketing (Pemasaran) yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Sales ( Penjualan) dan Marketing (Pemasaran) yang Perlu Anda Ketahui

Oleh: Asri Dwi Ariyani, S.E., M.Sc.

Apakah sales dan marketing merupakah hal yang sama atau merupakan istilah yang berbeda? Kedua kata tersebut sangat sering terdengar dilingkungan masyarakat terlebih terkait pada sebuah perusahaan barang atau jasa. Tidak sedikit orang-orang yang belum memahami kedua bidang tersebut menganggap memiliki makna dan tugas yang sama dengan alasan bahwa sales dan marketing sama dalam menjual produk atau jasa. Sales dan marketing memiliki persamaan yaitu bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target dan mendapat keuntungan, namun fokus kegiatan antara keduanya merupakan hal yang berbeda. Agar kita lebih bisa membedakan lebih jelas antara sales dan marketing, berikut perbedaannya:

  1. Definisi

Definisi atau pengertian adalah poin pertama yang harus dipahami agar mudah menemukan perbedaan antar dua istilah yang cenderung sama aslinya. Sales didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh individu atau perusahaan dalam membuat dan menjual produk atau jasa sehingga tujuan atau dorongan utama adalah barang terjual. Sedangkan marketing adalah sistem atau cara perusahaan secara keseluruhan dimulai dari merasakan dan merespon pelanggan sehingga kegiatan ini didasari pada memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk atau jasa.

  1. Orientasi pasar

Merujuk pada definisi di atas. Perbedaan antara sales dan marketing dapat dilihat dari orientasi pasar. Sales orientasi pasarnya terletak pada pasar internal,artinya perusahaan membuat produk lebih dulu, kemudian menjual dan mendapatkan profit tanpa mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Sedangkan orientasi pasar marketing adalah pasar eksternal, artinya ebutuhan konsumen pertama kali akan diidentifikasi, kemudian menentukan cara promosi, pangsa pasar, menyediakan distribusi produk, menjual produk dan mendapatkan profit. 

 

 

  1. Ruang lingkup kerja

Ruang lingkup kerja untuk sales tergolong pendek, hal ini ditunjukkan sebatas pada transaksi jual beli, artinya ketika barang terjual maka proses transaksi selesai, tim sales sudah tidak bertanggung jawab lagi dengan konsumen. Sedangkan untuk marketing jangka waktu kerjanya lebih lama. Hal ini karena marketing harus menjaga hubungan yang baik dengan para konsumen ataupun vendor.  Sehingga setelah kegiatan marketing dilakukan, tim masih bertanggung jawab menjaga hubungan agar loyalitas pelanggan tidak hilang. Bahkan tim marketing harus menjalin hubungannya dengan konsumen sejak sebelum transaksi terjadi.

Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by