Fungsi Audit Pada Perusahaan

Fungsi Audit Pada Perusahaan

Fungsi Audit Pada Perusahaan

 

Meutia Layli., S.E., M.Ak.

 

Salah satu cara mengetahui kondisi keuangan perusahaan adalah dengan melihat laporan keuangannya. Selain itu, laporan keuangan juga dapat digunakan untuk mengambil keputusan penting bagi perusahaan dan juga stakeholder (pemegang saham). Hal tersebut berarti bahwa laporan keuangan harus akuntabilitas dan relevan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka dibutuhkan seseorang yang dapat menjamin kebenaran dan kewajaran serta memberikan penilaian dan analisis terhadap sesuatu yang telah dilakukan. Hal tersebut dapat disebut dengan audit.

Apa itu audit? Menurut The American Accounting Associations Committee on Basic Auditing Concepts (Auditing: Theory And Practice, Edisi 9, 2001:1-2) audit merupakan proses pengumpulan data yang bersistem oleh pihak yang independen untuk mendapatkan serta mengevaluasi bukti secara objektif tentang kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memutuskan pernyataan yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Lalu, apa fungsi audit dalam perusahaan? Audit dalam perusahaan lebih dikenal dengan audit internal. Audit internal mewujudkan good corporate governance yaitu perusahaan yang transparan, akuntabilitas, bertanggungjawab, independen, dan wajar. Sedangkan audit merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, karena audit dapat menjadi sarana yang dapat dipercaya untuk membantu melaksanakan tanggungjawab untuk menilai kewajaran dari laporan keuangan, serta dapat memberikan analisa , penilaian terhadap perusahaan.

Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by