7 Skill di masa pandemi

7 Skill di masa pandemi

Dimas Wibisono, S.E.,M.B.A

Pandemi masih berlangsung hingga sampai kapan selesainya belum diketahui secara pasti, jutaan orang terdampak keuangannya hingga dirumahkan atau di PHK. Efeknya banyak orang jadi tidak mempunyai pekerjaan dan tidak memiliki pemasukkan yang pasti. Melihat kondisi ini sebagian industri menurun pemasukannya sehingga perusahaan melepas sebagian karyawannya buat bertahan hidup dalam menjalankan bisnisnya. Jika semua kita terdampak krisis ekonomi semacam ini, janganlah berkecil hati rezeki bukan hanya bersumber dari pendapatan pokok. Jika satu pintu rezeki tertutup terdapat seribu pintuk rezeki lainnya.

Terdapat 7 skill keahlian yang dapat kita pelajari masa pandemi, keahlian tersebut yaitu:

  1. Jualan

Jualanlah sesuatu produk yang mudah. Produk terbaikpun belum pasti sukses jika orang- orang didalamnya tidak dapat jualan. Kemudian apa yang hendaknya Kamu jalani? Kamu dapat mencari produk baik itu di marketplace ataupun di social media. Kemudian daftarlah jadi reseller serta mulailah berjualan atau tidak yang paling mudah jadilah drophiper suatu produk dimarketplace. Mulailah menciptakan terlebih dulu dengan menjual produk merk orang lain, jangan memulai suatu bisnis dari membuat produknya dahulu karena membuat produk serta membangun merk memerlukan bayaran yang tidak sedikit serta waktu yang tidak sebentar semuanya memiliki proses.

  1. Public Speaking

Hanya bermodalkan handphone serta kuota internet, seharusnya dapat menajdi Youtuber, jika memiliki skiil public speaking yang baik. Survey yang dilakukan Chapman University, di tahun 2016 terdapat sebanyak 25, 9% masyarakat Amerika yang mempunyai ketidakberanian terhadap Public Speaking. Yang menarik ketakutan terhadap banjir cuma 22%. Maksudnya orang lebih memilah kebanjiran daripada wajib berdialog depan panggung. Perihal ini yang membuat seseorang pembicara itu sangat jarang. Dengan memiliki video di youtube, hingga saldo setidaknya terselamtkan dengan adanya adsese yang kita miliki. Ditambah lagi jika memiliki konten yang menarik serta membuat orang penasaran dengan konten Kamu selanjutnya.

  1. Mengelola keuangan

Mengelola keuangan sesungguhnya tidaklah yang sulit, sebab tiap duit yang Kamu terima hendak nurut dengan Kamu ingin dibawa kemana duit itu jika dibelnjakan dengan sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi mengelola duit jadi lumayan sulit jika pikiran yang memutuskan buat membeli perihal yang tidak butuh, serta pelit dengan suatu kesempatan bisnis yang menjanjikan. Yang butuh dijalani merupakan mengelola benak supaya tidak membeli perihal yang tidak berarti. Tidak membeli produk yang hanya hanya kemauan.

  1. DESIGN Gambar serta VIDEO

Kegiatan ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja seperti halnya di rumah saja. Masa online seperti ini membuat gambar serta video jadi penampilan berarti baik individual ataupun industri. Karenanya mempunyai keahlian editing gambar serta video, memahami photoshop, adobe illustrator serta semacamnya jadi intangible asset. Bimbingan metode mengedit dibuka begitu lengkap di bermacam web serta youtube, tidak banyak yang ingin serta tekun mempelajarinya. Hal ini menjadi  kesempatan kita semua untuk menajdi seorang editor.

  1. Berfikir Kreatif

Sebagian bentuk produk serta usaha mengalami penyusutan omset, orang- orang yang sanggup berpikir kreatif sanggup menanggulangi badai krisis ekonomi dengan metode yang susah dibayangkan. Bagaikan contoh terdapat sebagian kenalan aku yang awal mulanya menjual boneka, yang pernah hadapi penyusutan sebab orang tidak lagi mau membeli boneka kala pandemik. Tentunya tidak kehilangan ide, dengan bahan kain yang dia miliki serta hanya bersumber mesin jahit. Seseorang dapat membuat masker kain. Tidak menjual dengan harga mahal, hendak namun keuntungan kecil hendak jadi besar kala kuantitasnya banyak.

  1. Negoisasi

Tersadari ataupun tidak, perundingan merupakan ilmu berarti yang kerap kita gunakan. Contoh mudahnya jika menyeruh anak buah mengerjakan proyek desain gambar ngelembur, anak buah menolaknya namun ada sebuah reward yang diberikan. Itu adalah bagian perundingan. Dalam bisnis, skill ini jadi jika berhadapan dengan supplier ataupun customer yang nawar mau memperoleh harga murah. Serta aku sampaikan lagi, gimana triknya? Semua dapat di university google ataupun mbah youtube.

  1. Copywriting

Kita semua tak terlepas dari kata copywritig, copywriting merupakan seluruh wujud tulisan yang bertujuan buat menjual produk. Memanglah gambar serta video berfungsi berarti dalam bisnis online, hendak namun copywriting yang membuat orang tertarik serta membeli produk. Di Instagram, copywriting posisinya di caption, di Youtube pemilihan judul serta deskripsi video jadi kedudukan berarti supaya video tersebut ditemui orang. Di Facebook serta web tidak butuh dibahas lagi, sangat berarti.

Semua 7 keahlian ditengah pandemi yang tidak memiliki kepastian sangat penting kita lakukan menambah skill kita dalam mencari rezeki. Tunggu apalagi kita belajar berama-sama untuk masa depan yang lebih baik meningkatkan value di dalam diri dan kehidupan bermasyarakat. Lakukan salah satu dari 7 tersebut sesuai dengan passion. Semoga Baokah amin…