INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE

INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE

gits.id

S1 Akuntansi Alma Ata – Semakin dewasa, seiring waktu berjalan perkembangan teknologi terus semakin berkembang dengan pesat dan dinamis. Lagi-lagi memberikan dampak dalam segala aspek yang ada dikehidupan masyarakat. Terutama dalam bidang ekonomi dan sosial, dalam dunia bisnis kecanggihan teknologi menjadi primadona untuk terus mengembangkan dan mempertahankan bisnis usaha. Semua akan menjadi serba digital, di era globalisasi yang terus maju. Kemajuan ini menjadi tolok ukur bagi UMKM atau usaha mikro kecil menengah untuk turut paham akan dunia digital agar tidak tertinggal dengan segala kemajuan yang ditawarkan oleh teknologi. Seperti e-commerce, aplikasi bertransaksi secara online yang benar-benar memberikan kemudahan untuk masyarakat.

UMKM harus mengikuti setiap perkembangan teknologi jika tidak ingin tertinggal. Bukan hanya digitalisasi dalam penjulannya, pencatatan usahanya juga sangat diperlukan guna untuk mempermudah informasi akuntansi sebagai pengambilan keputusan. Penggunaan informasi akuntansi berbasis e-commerce juga memberikan tawaran kemudahan untuk UMKM, yaitu memasarkan barang atau jasanya secara fleksibel tanpa batasan waktu dan tempat, e-commerce menjadi pilihan masyarakat karena mudah diakses melalui handphone, serta memberikan peluang potensi yang tinggi untuk UMKM yang telah menggunakan e-commerce.

Pemahaman e-commerce serta sistem informasi oleh pelaku UMKM menjadi patokan untuk mampu terus bersaing di dunia usaha yang semakin ketat dan sulit. UMKM ditantang mampu untuk terus mengikuti dan menghadapi perkembangan yang ada. Menurut Pramiswari dan Dharmadiaksa, hingga adanya teknologi informasi ini juga berpengaruh terkait peningkatan minat masyarakat untuk membuka usaha dengan memanfaatkan dan menggunakan teknologi informasi.

Menurut Romney dan Steinbart, E-commerce adalah suatu jenis mekanisme bisnis yang dilakukan secara elektronik dengan memfokuskan pada transaksi berbasis individu, dengan menggunakan jaringan internet sebagai pertukaran barang dan atau jasa melewati kendala ruang dan waktu. Keunggulan e-commerce yaitu biaya operasional rendah, pengelolaan lebih mudah, jangkauan luas, transaksi mudah, proses jual beli lebih praktis dan efektif. Adapaun kelemahan e-commerce yaitu keterbatasan memilih bagi konsumen, resiko penipuan, kesiapan infrastuktur pendukung.

Pengaruh pengetahuan terhadap penggunaan informasi akuntansi berbasis e-commerce sangat memberikan pengaruh yang besar. Dimana pelaku usaha menguasai pengetahuan akuntansi untuk menghadapai era digital yang dimana serba online, dengan e-commerce bisa menerapkan ilmu akuntansi secara maksimal. Berpengaruh positif untuk penggunaan informasi akuntasi. Pengaruh pendapatan atau omzet dari usaha juga memilik keterkaitan dengan penggunaan informasi akuntansi yang berbasis e-commerce ini. Omzet yang semakin tinggi maka kebutuhkan penggunaan informasi akuntansi akan semakin tinggi serta pengelolaan keuangan yang baik akan mempermudah dalam penerapan informasi akuntansinya. Menurut Penelitian Julia, hipotesis variabel omzet usaha dapat diterima, karena semakin besar penggunaan informasi akuntansi maka penerapannya akan sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha. Pengaruh penyusunan dan penyajian laporan keuangan, dalam transaksi penjualan e-commerce dengan sistem pengumpulan data otomatis, uang yang masuk akan tersingkronkan dengan otomatis pula, terekam dalam histori yang ada. Pengaruh-pengaruh ini berkaitan satu sama lain, penerapan informasi akuntansi yang baik maka penyusunan laporan keuangan akan baik pula.

 

Sumber :

Erna Lovita, Febuama Susanty, “Peranan Pemahaman E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Minat Kewirausahaan”, Jurnal : Akuntansi dan Manajemen, STIE Indonesia Jakarta, Vol 18, No 2, 2021.

Anis Nur Jannah, Eko Triyanto, “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce pada UMKM”, Jurnal : Akuntansi, STIE Surakarta, Vol. 16, No. 1, 2021.

Open chat