Sosialisasi Penentuan Lokasi Strategis Penempatan Mahasiswa KKN-Tematik Matching Fund di Desa Wisata Banjaran Guwosari

Sosialisasi Penentuan Lokasi Strategis Penempatan Mahasiswa KKN-Tematik Matching Fund di Desa Wisata Banjaran Guwosari

Sosialisasi Penentuan Lokasi Strategis Penempatan Mahasiswa KKN-Tematik Matching Fund di Desa Wisata Banjaran Guwosari

Fakultas Ekonomi Bisnis Alma Ata – Salah satu kampus Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta yakni Universitas Alma Ata mendapatkan Hibah Nasional yakni Matching Fund 2022. Pelaksanaan Hibah Matching Fund didukung oleh mahasiswa-mahasiswi terbaik dari prodi Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Prodi PGSD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Salah satu program yang mendukung dalam program Matching Fund 2022 yakni KKN-Tematik dalam Pengembangan Wisata Kuliner dan Edukasi Keluarga  di Desa wisata Banjaran. Langkah awal yang dilakukan adalah sosialisasi penentuan Lokasi Strategis Penempatan Mahasiswa di Desa Wisata Banjaran Guwosari untuk diterjunkan langsung bersama masyarakat setempat.

Keterlibatan mahasiswa pada Program Matching Fund, sekaligus dikemas untuk Kegiatan KKN-T yang berperan serta dalam pengembangan Desa Wisata Banjaran, Guwosari, Pajangan, Bantul. Mahasiswa KKN-Tematik difokuskan dalam perencanaan program yang dapat direalisasikan di kawasan Desa Wisata Banjaran sebagai pusat pengembangan ekonomi 3 padukuhan.

Carik Desa Guwosari menjelasakan bahwa Kawasan Desa Wisata Banjaran dikelilingi beberapa padukuhan yang akan dilibatkan sebagai pelaku pengembangan Desa Wisata Banjaran. Letak padukuhan yang strategis dengan beberapa RT di Desa Banjaran menjadi rujukan utama dalam penempatan mahasiswa KKN-Tematik yakni Padukuhan Watugedug, Padukuhan Kembang Putihan, dan Padukuhan Kentolan Lor. Peserta KKN-Tematik yang terdiri dari 60 Mahasiswa dibentuk menjadi 6 Kelompok Mahasiswa KKN-Tematik dengan pembagian lokasi penempatan KKN-Tematik di Kembang Putihan RT 02, Kentolan Lor RT 02 dan RT 03, Watugedug RT 01 dan RT 02, serta BUMDES Guwosari yang pusat pengabdiannya di Kawasan Desa Wisata Banjaran.

Melalui pembagian lokasi strategis penempatan KKN-T di kawasan Desa Wisata Banjaran Unit Desa Banjaran, Guwosari tersebut diharapkan dapat memudahkan mahasiswa KKN-Tematik dalam menjalankan program kerja untuk membantu dalam observasi, perencanaan, dan perealisasiaan bersama warga desa sesuai kelompok dan padukuhan masing-masing.