UNIVERSITAS ALMA ATA KEMBANGKAN POTENSI WISATA DI UNIT BANJARAN, GUWOSARI

UNIVERSITAS ALMA ATA KEMBANGKAN POTENSI WISATA DI UNIT BANJARAN, GUWOSARI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Alma Ata – Bantul, 13 September 2022 – Tim Program Matching Fund Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Alma Ata telah memetakan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan potensi wisata unit Banjaran, Kalurahan Guwosari, Kabupaten Bantul. Kegiatan-kegiatan tersebut tujuannya untuk membentuk desa wisata dengan memanfaatkan potensi di kawasan Banjaran dan mempersiapkan masyarakat sekitar untuk mengambil peluang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Program matching fund 2022 diketuai oleh Defia Ifsantin Maula, S.I.P., M.B.A., CEC sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Alma Ata (FEB – UAA). Tim pelaksana kegiatan ini adalah dosen-dosen dari program studi (prodi) di lingkungan FEB yaitu Akuntansi, Manajemen, Perbankan Syariah, dan Ekonomi Syariah serta kolaborasi dengan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prodi Gizi. Gagasan yang diangkat pada program matching fund 2022 antara UAA dan Kalurahan Guwosari bertajuk “Pengembangan Pusat Wisata, Kuliner, dan Edukasi Keluarga Unit Banjaran Desa Guwosari”.

Tim pelaksana telah melaksanakan survey lokasi sejak minggu pertama bulan Juli 2022 untuk menganalisis situasi di kawasan Unit Banjaran, selanjutnya dilaksanakan diskusi bersama dengan tim pengelola unit Banjaran yaitu BUMDES Guwosari  yang di ketuai oleh Yoga Pradana beserta tata pamong kalurahan Guwosari yang dihadiri oleh Pak Lurah Guwosari, beserta jajarannya. Hasil diskusi antar tim pelaksana dari UAA dan tim pengelola dari Kalurahan Guwosari dan BUMDES antara lain memetakan rangkaian kegiatan dilakukan dengan mapping potensi kawasan sebagai dasar pengembangan wisata, pengelolaan kelembagaan yang terstruktur, sistem pengelolaan keuangan yang, serta pembentukan, strategi  dan pemasaran bisnis untuk keberlanjutan wisata dalam jangka panjang. Hadirnya desa wisata diharapkan mampu memberikan dampak positif untuk meningkatkan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat di kawasan Unit Banjaran.