Masa depan media sosial dalam pemasaran

Masa depan media sosial dalam pemasaran

Dimas Wibisono, S.E.,M.B.A

Prodi Manajemen

 

Media sosial digunakan oleh milyaran orang di seluruh dunia dan dengan cepat menjadi salah satu teknologi yang menentukan zaman kita. Facebook, misalnya, melaporkan memiliki 2,38 miliar pengguna aktif bulanan dan 1,56 miliar pengguna aktif harian per 31 Maret 2019 (Facebook 2019). Secara global, jumlah total pengguna media sosial diperkirakan tumbuh menjadi 3,29 miliar pengguna pada tahun 2022, yang merupakan 42,3% dari dunia. ‘ s populasi (e-Marketer 2018). Mengingat potensi besar audiens tersedia yang menghabiskan banyak

berjam-jam sehari menggunakan media sosial di berbagai platform, tidak mengherankan jika pemasar telah merangkul media sosial sebagai saluran pemasaran.

Secara akademis, media sosial juga telah dirangkul, penelitian ekstensif tentang pemasaran media sosial dan topik terkait, seperti online word of mouth (WOM) dan jaringan online yang telah dikembangkan. Terlepas dari apa yang telah dipelajari dan dipelajari oleh para akademisi dan praktisi selama 15 tahun terakhir 20 tahun tentang topik ini, karena sifat media sosial yang bergerak cepat dan selalu berubah dan bagaimana konsumen menggunakannya. Masa depan media sosial dalam pemasaran mungkin bukan hanya kelanjutan dari apa yang telah kita lihat. Oleh karena itu, kami mengajukan pertanyaan terkait, apa itu masa depan media sosial dalam pemasaran?

Mengatasi pertanyaan ini adalah tujuan artikel ini. Penting untuk mempertimbangkan masa depan media sosial dalam konteks perilaku konsumen dan pemasaran, karena media sosial telah menjadi saluran pemasaran dan komunikasi yang vital bagi bisnis, organisasi, dan institusi, termasuk mereka yang berada di bidang politik. Selain itu, media sosial sangat penting secara budaya karena telah menjadi, bagi banyak orang, domain utama tempat mereka menerima banyak informasi, berbagi konten dan aspek kehidupan mereka dengan orang lain, dan menerima informasi tentang dunia di sekitar (meskipun informasi itu mungkin memiliki akurasi yang dipertanyakan). Secara vital, media sosial selalu berubah. Media sosial seperti yang kita kenal sekarang ini berbeda dari setahun yang lalu (apalagi satu dekade), dan media sosial setahun dari sekarang kemungkinan besar akan berbeda dari sekarang

 

Apa itu media sosial?

 

Secara pasti, media sosial dapat dianggap dalam beberapa cara berbeda. Dalam arti praktis, ini adalah kumpulan teknologi digital berbasis perangkat lunak, biasanya disajikan sebagai aplikasi dan situs web yang memberikan lingkungan digital kepada pengguna tempat mereka dapat mengirim dan menerima konten atau informasi digital melalui beberapa jenis jaringan sosial online. Dalam pengertian ini, kita dapat menganggap media sosial sebagai platform utama dan fitur-fiturnya, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Kita juga dapat secara praktis menggunakan media sosial sebagai jenis saluran pemasaran digital lain yang dapat digunakan pemasar untuk berkomunikasi dengan konsumen melalui iklan. Tetapi kita juga dapat memikirkan media sosial secara lebih luas, melihatnya bukan sebagai media digital dan layanan teknologi khusus, dan lebih sebagai tempat digital di mana orang melakukan bagian penting dalam hidup Dari perspektif ini, itu berarti media sosial menjadi lebih sedikit tentang teknologi atau platform tertentu, dan lebih banyak tentang apa yang orang lakukan di lingkungan ini.

Saat ini,Berdasarkan perspektif definisi ini, dan berpikir tentang masa depan, media sosial sebagai teknologi,sentris tetapi tidak sepenuhnya bersifat teknologi, ekosistem di mana serangkaian perilaku, interaksi, dan pertukaran yang beragam dan kompleks yang melibatkan berbagai jenis pelaku yang saling berhubungan (individu dan perusahaan, organisasi, dan lembaga) dapat terjadi. Media sosial tersebar luas, digunakan secara luas, dan relevan secara budaya. Perspektif definisi ini sengaja dibuat luas karena kami percaya bahwa media sosial pada dasarnya telah menjadi hampir segalanya – konten, informasi, perilaku, orang, organisasi, lembaga – yang dapat ada dalam lingkungan digital jaringan yang saling berhubungan di mana interaktivitas dimungkinkan. Sudah berkembang dari sekadar contoh online perilaku WOM dan pembuatan dan berbagi konten atau informasi. Ini menyebar ke seluruh masyarakat (dan perbatasan geografis) dan secara budaya menonjol baik di tingkat lokal maupun global.

 

Refrensi

Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1

 

Open chat