Peran Manajer dalam Organisasi

Peran Manajer dalam Organisasi

Tien Suhartini, SS., MM.

 

Assalaamu’alaikum  wr wb

Hello everyone!

Kali ini kita akan membahas masalah “Peran Manajer”.

Tentu kalian sudah tahu ya apa itu manajer. Berdasarkan kata dasarnya “to manage” yang berarti mengelola, mengatur, memimpin, mengarahkan, mengurus, mengendalikan, dst., maka manajer (manager) adalah orang yang melakukan semua yang diartikan tadi. Untuk memudahkan, kita ambil satu kata saja, yaitu “pengelola” yang juga dikenal dengan “manajer”. 

Jika diartikan secara bebas, Manajer adalah pelaku Manajemen, yaitu orang yang bertugas untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengatur bagaimana timnya bekerja mencapai tujuan yang ditetapkan. 

Lalu, apa sih peran manajer?

Menurut penelitian Henry Mintzberg, Manajer sebenarnya memiliki 10 peranan dasar yang digolongkan menjadi tiga kategori dasar, yaitu Interpersonel roles (peran antarpribadi), Informational roles (peran informasional), Decisional roles (peran keputusan) yang dipublikasikan dalam “Mintzberg on Management: Inside our Strange World of Organizations” pada tahun 1990.

Interpersonal Roles (Peran Antarpribadi)

Kategori Peran Antarpribadi ini adalah kategori peran seorang Manajer untuk memberikan informasi dan Ide yang terbagi mennjadi 3 peran, yaitu:

1. Sosok atau Figur (Figurehead). Manajer memiliki tanggung jawab terhadap legal, sosial, seremonial dan juga bertindak sebagai simbol perusahaan, biasanya dengan melakukan hal-hal seremonial seperti menghadiri acara peresmian, menandatangani dokumen legal (hukum), menyapa tamu perusahaan dan menjadi tuan rumah resepsi.

2. Pemimpin (Leader). Manajer bertugas sebagai pemimpin dalam Tim, departemen,  ataupun organisasinya. Menyeleksi, Melatih, serta mengelola kinerja dan memotivasi karyawannya.

3. Penghubung (Liaison). Manajer harus membangun dan menjaga komunikasi dengan kontak Internal maupun kontak eksternal perusahaan. Contohnya berpartisipasi dalam pertemuan dengan perwakilan dari divisi/departemen atau organisasi lainnya.

Informational Roles (Peran Informasional)

Pada Peran Informasional ini, Seorang Manager berperan sebagai pengelola Informasi, yang juga terbagi menjadi 3 peran, yaitu: 

1. Pemantau (Monitor). Manajer berperan sebagai pencari informasi yang berkaitan dengan industri dan organisasinya, selain juga memantau tim yang dipimpinnya baik dari segi produktivitas, kinerja, maupun kenyamanan kerja anggota timnya.

2. Penyebar Informasi (Disseminator). Manajer harus menyebarkan dan mengkomunikasikan informasi yang didapat kepada orang lain yang ada di dalam organisasinya. Contohnya dengan menyampaikan memo, email atau laporan kepada bawahannya mengenai informasi dan keputusan yang telah diambil.

3. Juru Bicara (Spokesperson). Manajer berperan sebagai Juru Bicara yang meneruskan informasi tentang organisasinya dan tujuan organisasinya ke pihak luar.

Decisional Roles (Peran Pengambilan Keputusan)

Seorang Manajer juga berperan sebagai Wirausahawan, Pemecah masalah, pembagi sumber daya dan perunding sebagai berikut:

1. Wirausahawan (Entrepreneur). Manajer harus mampu membuat suatu perubahaan dan mengendalikannya untuk kemajuan organisasinya. Manajer harus merencanakan masa depan organisasinya, membuat proyek-proyek perbaikan dan peningkatan kualitas dan produktivitas.

2. Pemecah masalah (Disturbance Handler). Manajer bertanggung jawab untuk menyelesaikan setiap permasalahan dan konflik yang terjadi di dalam orhnisasinya. 

3. Pembagi Sumber Daya (Resource Allocator). Manajer berperan sebagai pembagi sumber daya baik  berupa dana, tenaga kerja, material, mesin dan sumber daya lainnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

4. Negosiator (Negotiator). Manajer berpartisipasi atau mengambil bagian dalam melakukan negosiasi dengan pihak luar untuk memperjuangkan kepentingan bisnis perusahaannya.

 

Nah, demikianlah 10 peran manajer menurut Henry Mintzberg.

Semoga bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum, wr wb.

Open chat