MAGANG BERSERTIFIKAT KEMENTRIAN PERDAGANGAN PMPR (PENGGERAK MUDA PASAR RAKYAT) YOGYAKARTA

MAGANG BERSERTIFIKAT KEMENTRIAN PERDAGANGAN PMPR (PENGGERAK MUDA PASAR RAKYAT) YOGYAKARTA

Prodi Ekonomi Syariah Alma Ata – Hai,,, saya Afina Ayu Afifah prodi ekonomi syariah Universitas Alma Ata semester 6 ini alhamdulillah saya lolos merdeka belajar kampus merdeka dalam program magang bersertifikat dari sekian ribu pendaftar seluruh Indonesia saya terpilih menjadi salah satu peserta yang lolos magang bersertifikat dalam program Penggerak Muda Pasar Rakyat (PMPR) di bawah naungan Kementrian Perdagangan. Program magang bersertifikat Penggerak Muda Pasar Rakyat (PMPR) atau Pendamping Pedagang dan Pengelola Pasar Rakyat ini merupakan proyek kerja nyata di lapangan selama lima bulan dibekali dan di bimbing oleh mentor dedicated dan non dedicated untuk melaksanakan dan melancarkan pasar rakyat yakni mencakup 3 bagian, yaitu Penerapan SNI Pasar Rakyat, Penerapan Digitalisasi Pasar Rakyat dan Aktivasi Sekolah Pasar Rakyat di 13 Kabupaten seluruh Indonesia. Berhubung domisili saya Yogyakarta pada saat mendaftar, sehingga penempatan magang saya juga di Yogyakarta.

Program Penggerak Muda Pasar Rakyat ini dilaksanakan oleh mahasiswa dengan maksud untuk menyelesaikan masalah standarisasi Pasar Rakyat di daerah yang kemudian bisa dikembangkan di pasar lainnya yang ada di daerah lain, untuk meningkatkan geliat ekonomi, kepercayaan dan kemudahan masyarakat/ pedagang dalam beraktivitas di Pasar Rakyat serta sebagai sarana mahasiswa menyalurkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara konkrit kepada pedagang pasar rakyat. Program ini sudah berjalan 3 bulan, satu bulan pertama pembekalan secara online oleh kementrian perdagagangan langsung dan bulan kedua praktik di lapangan penempatan dinas perdagangan kota Yogyakarta secara berkelompok untuk aktivasi pedagang, sekolah pasar dan digitalisasi pasar pingit, pasar beringharjo, pasar prawirotaman, dan pasar kranggan.

Terimakasih kampus merdeka, terimakasih Kementrian Perdagangan yang sudah memberikan saya kesempatan untuk diterima dalam program ini, tidak hanya dibekali ilmu, dan skill saja melainkan relasi, keluarga baru dan pengalaman baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Terimakasih kepada dekan fakultas universitas alma ata yang sudah mengizinkan saya dan mendukung saya mengikuti program ini selama satu semester.  Tujuan akhir program ini menciptakan mahasiswa yang siap memasuki dunia kerja dan berpengaruh yang baik serta bermanfaat untuk masyarakat luas. Pesan dan kesan saya mengikuti program ini, program ini sangat recommended untuk mahasiswa yang senang dan excited kerja lapangan. Pesan saya untuk semuanya god doesn’t change ur destiny of people until they change it by theirselves. Jangan berhenti untuk mencoba dan terus berusaha sebab usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.