STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT CIAS (CORPORATE INNOVATION ASIA)

STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT CIAS (CORPORATE INNOVATION ASIA)

Prodi Ekonomi Syariah Alma Ata – Hai,, saya Afina Ayu Afifah prodi ekonomi syariah Universitas Alma Ata semester 6 pada semester 5 lalu saya lolos dalam studi indipenden bersertifikat menjadi bagian 250 orang terpilih dari banyaknya 2.734 pendaftar. Suatu kehormatan bagi saya untuk mengikuti kegiatan Studi Independen ini di PT. Cipta Konsultan Internasional di mentoring langsung oleh pakar, dan mentor professional terlebih langsung dibimbing oleh CEO nya sendiri yakni Dr. Indrawan Nugroho.  Kegiatan studi independen dalam program Agile Innovation Project Based Learning  di CIAS (Corporate Innovation Asia)/ PT. Cipta Konsultan Internasional. Program Studi Indipenden ini  merupakan  project berbasis proyek yang mana selama 6 bulan saya dilatih dan dibimbing untuk mengerjakan sebuah proyek inovasi (start up) secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri 5 anggota yang berbeda universitas dan jurusan.

Melalui program ini saya dan mahasiswa lainnya mendapatkan skill dan knowledge meliputi, Design Thinking Agile Development Bussines Model yakni bimbingan dan pengalaman menggunakan metode-metode inovasi yang sedang populer di dunia bisnis, Communication Collaboration Critical Thinking yakni melalui pengerjaan proyek, 4 kompetensi yang penting untuk dimiliki di abad 21, “4C” akan terasah, Validated Solution Minimum Viable Product Business Model yakni hasil inovasi riil yang sudah tervalidasi yang bisa ditawarkan ke inkubator startup atau investor venture capital, dan Agile Innovator Sertifikasi ‘Agile Innovator’ dari CIAS. Yang mana hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa memiliki skill profesionalitas kerja, jiwa leadership tim meningkat, discover problem, dan solve to problem, serta mempunyai bisnis start up sendiri dan membuka lapangan kerja untuk banyak orang.

Sesuai prinsip Project Based Learning, project ini bertujuan  untuk pembekalan ilmu atau pengembangan ketrampilan pemagangnya dan mempunyai start up sekaligus menjadi founder start  up dan menjadi pribadi yang mempunyai value lebih untuk terus berprogress dan berimpact membangun ekonomi Indonesia melalui start up.  Kesan dan pesan saya mengikuti program ini, program ini sangat luar biasa untuk mahasiswa karena dapat meningkatkan soft skill, dan hard skill serta pengalaman kerja professional dan siap untuk kerja di lapangan. Pesan saya untuk semuanya bagaimanapun asal kampusmu itu tidak menjadi penghalang untuk maju dan dimanapun kamu berada, tak peduli latar belakangmu seperti apa lakukanlah yang terbaik.