Pelatihan Living Values Education Program (LVEP) Dalam Pengembangan Desa Wisata Banjaran Guwosari

Pelatihan Living Values Education Program (LVEP) Dalam Pengembangan Desa Wisata Banjaran Guwosari

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Alma Ata – Universitas Alma Ata bekerja sama dengan Kalurahan Guwosari melalui Program Matching Fund 2022 pada  26 September 2022 menyelenggarakan serangkaian program pelatihan. Pada hari pertama telah dilaksanakan Pelatihan LVEP dalam pengembangan Desa Wisata Banjaran Guwosari. Pelatihan Living Values Education Program (LVEP) melibatkan Dosen serta Mahasiswa Universitas Alma Ata, dan dihadiri warga sekitar, pamong seperti RT, kepala dusun, sekretaris desa, serta sejumlah pelaku UMKM di sekitar Desa Wisata Banjaran. Kegiatan pelatihan bertujuan meningkatkan pemahaman tentang LVEP dan peran LVEP dalam pengembangan Desa Wisata Banjaran Guwosari. Pembicara pada pelatihan LVEP yaitu Ibu An-nisa Apriani, S.Pd, M.Pd, Ibu Indah Perdanasari, S.Pd, M.Pd. selaku Dosen Prodi PGSD Universitas Alma Ata dan Ibu Mufida Awalia Putri, S.Pd, M.Pd selaku dosen prodi PGMI Universitas Alma Ata.

Living Values Educations Program (LVEP) merupakan program pendidikan nilai yang menawarkan berbagai pengalaman aktivitas nilai agar mampu menggali dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan, yakni; kedamaian, penghargaan, cinta, toleransi, kebahagiaan, tanggungjawab, kerjasama, kerendahan hati, kejujuran, kesederhanaan, serta persatuan. Tujuan Pelatihan LVEP yaitu menghidupkan 12 nilai nilai universal bagi warga dan kader pengembangan Desa Wisata di Banjaran sehingga mereka memiliki kesadaran nilai tentang sejarah dan budaya dalam edukasi wisata Banjaran. Nilai sejarah dan budaya sangat penting dalam pengembangan Desa Wisata karena sejarah dan budaya wajib dilestarikan dan dikenal oleh semua generasi.

Dalam pelatihan LVEP, peserta dibentuk menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi dan membuat peta konsep/mind maping mengenai nilai-nilai yang diperlukan dalam membangun Wisata Edukasi, Sejarah dan Budaya di Desa Banjaran. Selanjutnya, beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi bahwa pengembangan Wisata Edukasi, Sejarah dan Budaya di Desa Banjaran diperlukan beberapa nilai diantaranya nilai kedamaian,nilai cinta, nilai persatuan dan nilai kerjasama.

Melalui pelatihan LVEP kepada pihak-pihak pelaku dalam Desa Wisata Banjaran, diharapkan mampu mendorong pelaku Desa Wisata Banjaran untuk menerapkan nilai-nilai kehidupan yang sangat berperan dalam keberhasilan pengembangan Desa Wisata Banjaran.