Dampak IKN Pada Ekonomi Kecil

Dampak IKN Pada Ekonomi Kecil

Dampak IKN Pada Ekonomi Kecil Proses pemindahan Ibu Kota Indonesia ke wilayah IKN sudah berlangsung, tentunya akan berdampak pada ekonomi kecil. Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

Ini yang menjadi penting yang dimana Keputusan Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke sebuah lokasi baru telah menjadi sejarah besar. Hal ini membuat perhatian banyak orang tertuju pada pemindahan ibu kota Indonesia. Pihak-pihak yang menyoroti pemindahan ibu kota Indonesia meliputi pemerintahan, masyarakat lokal, hingga pengamat ekonomi.

baca juga;  pengelolan Modal Usaha Kecil

Seiring dengan berjalannya waktu, proses pemindahan ibu kota baru memberikan dampak terhadap perekonomian kecil. Lantas, apa saja sih dampak akibat IKN yang ditimbulkan untuk ekonomi kecil? Langsung saja ikuti penjelasan kami sampai usai. Berikut kami berikan penjelasan dampak-dampak IKN terhadap ekonomi kecil.

Pemindahan ibu kota negara Indonesia ke wilayah telah memasuki proses pembangunan infrastruktur. Adapun 5 dampak yang sudah kami rangkum akibat berdirinya IKN di Indonesia untuk ekonomi kecil dalam jangka panjang.

  1. Peluang Investasi Lokal

Proses pembangunan infrastruktur baru di wilayah IKN akan menciptakan peluang investasi ekonomi sangat besar. Pelaku usaha kecil maupun menengah berkesempatan untuk meraup keuntungan dari proyek konstruksi, layanan jasa, hingga lain-lain.

  1. Pengembangan Infrastruktur Transportasi

Dampak tersebut tentunya akan meningkatkan kualitas infrastruktur transportasi menjadi lebih baik. Mulai pembangunan jalan, bandara, terminal, stasiun, hingga pelabuhan di IKN memberikan kemudahan masyarakat dalam bermobilitas.

  1. Peluang Bisnis Properti

Berdirinya ibu kota Nusantara juga memberikan peluang terhadap bisnis properti untuk ekonomi kecil. Pengembang lokal bisa ikut berpartisipasi mendirikan bisnis properti meliputi perhotelan, perumahan, perkantoran, dan fasilitas lainnya.

  1. Peningkatan Sektor Pariwisata

Selain menjadi ibu kota baru, wilayah Nusantara juga diharapkan mampu meningkatkan sektor pariwisata. Peningkatan sektor pariwisata sangat membantu pengusaha kecil yang seperti penjual souvenir, oleh-oleh, makanan, tour guide, dsb.

  1. Berkembangnya Layanan Jasa

Dampak terakhir IKN untuk ekonomi kecil bisa mengembangkan layanan jasa. Layanan jasa di wilayah IKN bisa meningkat pesat dengan berdirinya beberapa usaha seperti restoran, perawat kesehatan, tenaga pendidikan, dll. Melihat berbagai dampak dari berdirinya IKN tersebut membuat Anda lebih mudah memanfaatkan peluang untuk meraih keuntungan. dan ini sangat berpotensi meningkatkan peluang usaha bagi para pebisnis.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang ekonomi syariah, bisa join ke prodi s1 ekonomi syariah terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Diskripsi: Memahami 5 dampak IKN pada ekonomi kecil yang secara langsung memberikan peluang usaha terhadap pebisnis untuk bisa meraih banyak keuntungan.

Open chat