8 Alasan menarik kenapa jurusan Ekonomi syariah

8 Alasan menarik kenapa jurusan Ekonomi syariah

8 Alasan menarik kenapa jurusan Ekonomi syariah

Pernah denger gak bro, tentang Jurusan Ekonomi Syariah? Pastinya pada tau lah! Ini salah satu jurusan keren yang banyak diburu sama orang buat lanjutin studi. Penasaran kenapa?

So, coba kita mikir, Indo kan mayoritasnya penduduknya Islam, jadi makin banyak yang sadar dan milih buat jauhin riba dan bisnis yang enggak sesuai sama Islam. Nah ekonomi syariah, dari situ, muncul deh kebutuhan buat ilmu ekonomi Islam alias. Makanya, Jurusan Ekonomi Syariah jadi idola banyak anak muda di Indo.

Nih, buat kalian yang mau cobain jurusan ini, tapi masih bingung banget tentang isinya, jangan galau deh. Kita bakal kupas tuntas nih apa sih sebenernya Jurusan Ekonomi Syariah itu.

Sebelum kita bahas lebih jalem soal Ekonomi Syariah, kita mesti tau dulu apa itu jurusan ini biar lebih mudeng buat ngomonginnya.

baca juga; Prospek kerja lulusan Ekonomi Syariah

Jurusan Ekonomi Syariah atau yang sering disebut juga Ekonomi Islam, itu adalah program studi yang belajar tentang ekonomi, teori ekonomi, dan sumber daya dari sudut pandang Islam buat memenuhin kebutuhan hidup manusia yang gak ada habis-habisnya. Alasannya simpel bro, dalam Islam, semua aturan soal ekonomi kayak jual-beli, utang-piutang, simpan-pinjam, bagi hasil, dan lain-lain, itu udah diatur banget.

Intinya, mata kuliah yang lo bakal pelajarin di jurusan ini mirip sama yang ada di jurusan ekonomi biasa. Bedanya, di Ekonomi Syariah lo bakal belajar semua prinsip ekonomi berdasarkan ajaran Islam, khususnya Al-Qur’an, Hadits, dan fikih Islam. Jadi, setelah lo masuk jurusan ini, lo bakal ngerti banget gimana cara ngatur duit dan bisnis yang sesuai sama Islam.

Nah, gimana? Setelah lo tau apa itu Ekonomi Syariah, lo makin tertarik buat masuk jurusan ini gak? Atau masih bingung? Nah, buat yang butuh pancingan, cek alasan kenapa Ekonomi Syariah bisa jadi pilihan lo!

  1. Kebanyakan Orang di Indo Muslim, Bro! Jadi, lo tau kan, Indo itu punya populasi Muslim terbanyak di dunia? Nah, ini jadi peluang buat Ekonomi Syariah tumbuh pesat banget di sini.
  2. Lo Bisa Jadi Ahli Ekonomi Syariah, Makin Keren! Saat ini, pakar ekonomi Islam di Indo masih relatif sedikit. Jadi, kalo lo masuk jurusan ini, lo punya kesempatan buat ngebangun ekonomi syariah di Indo, baik secara akademis atau praktis.
  3. Produk Keuangan Syariah Makin Ngehits  Produk keuangan syariah terus berkembang di Indo dan negara lain. Ini bakal bantu banget buat lulusan Ekonomi Islam, karena ilmu dan skill di bidang ini bakal dibutuhin banget.
  4. Buka Lebar Peluang Karir Pas lo pilih jurusan kuliah, tentu lo mikirin prospek kerjanya. Nah, lulusan Ekonomi Syariah enggak cuma bisa kerja di perusahaan yang berdasarkan hukum syariah doang, bro. Lo juga bisa bekerja di perusahaan biasa dan di berbagai bidang gara-gara ilmu ekonomi yang lo dapetin.   Apalagi, sekarang lembaga keuangan syariah sama produk keuangan syariah lagi ngehits, jadi peluang karir buat lulusan jurusan ini makin kece. Lo bisa jadi ahli perbankan syariah, pasar modal syariah, asuransi syariah, perencana keuangan syariah, atau jadi peneliti ekonomi syariah.
  5. Duit yang Masuk Gede Salah satu alasan yang buat banyak calon mahasiswa tergoda buat masuk jurusan ini adalah gaji yang lumayan banget. Nah, kalo lo liat peluang karir di bidang ekonomi syariah, gaji lo bisa gede banget.
  6. Lo Jadi Lebih Kritis dan Logis Materi-materi di jurusan Ekonomi Syariah bakal bikin lo berpikir kritis dan logis. Ini skill penting buat lo dalam kehidupan sehari-hari dan bakal nambah kapabilitas lo.
  7. Pekerjaan yang Nyaman Mayoritas pekerjaan buat lulusan ilmu ekonomi atau ekonomi syariah itu pekerjaan yang nyaman. Lo bakal banyak ngandelin otak lo dan kerja di dalam ruangan, jadi enggak capek-capek banget. Pekerjaan yang oke banget buat yang lebih suka kerja santai.
  8. Ilmu Bisnis dan Hukum Pas lo masuk Jurusan Ekonomi Syariah, lo bakal dapet ilmu soal bisnis dan hukum. Ini bakal membantu lo banget buat karir di berbagai bidang, terutama yang berhubungan sama ekonomi dan hukum.

itulah 8 Alasan menarik kenapa jurusan Ekonomi syariah dan banyak banget alasan buat milih Jurusan Ekonomi Syariah. Setiap mata kuliah di sini bakal kasih lo keuntungan dan bermanfaat buat masa depan karir lo. Jadi, mendingan lo pikirin lagi, ya, buat masukin Ekonomi Syariah ke dalam daftar pilihan lo!

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang ekonomi syariah, bisa join ke prodi Ekonomi syariah dan fakultas FEB terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

Mawardi Janitra, “8 Alasan Memilih Jurusan Hukum Ekonomi Syariah,” Quipper Blog, Aug. 27, 2022. https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-alasan-memilih-jurusan-hukum-ekonomi-syariah/ (accessed Oct. 26, 2023).

Edi Susilo and T. Penulis, “10 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Syariah Bagi Yang Bingung,” RENESIA, Jun. 10, 2020. https://www.renesia.com/10-alasan-memilih-jurusan-ekonomi-syariah/ (accessed Oct. 26, 2023).

Y Prayogo, “Mengapa Kamu Memilih Jurusan Ekonomi Syariah? Inilah 5 Alasannya – https://www.kalderanews.com,” https://www.kalderanews.com, Feb. 25, 2021. https://www.kalderanews.com/2021/02/25/mengapa-kamu-memilih-jurusan-ekonomi-syariah-inilah-5-alasannya/ (accessed Oct. 26, 2023).

 

Open chat