Optimalisasi Digital Marketing melalui pengabdian masyarakat Dosen Manajemen Universitas Alma Ata

Optimalisasi Digital Marketing melalui pengabdian masyarakat Dosen Manajemen Universitas Alma Ata

Foto Pengabmas Dosen dan Mahasiswa Manajemen Universitas Alma Ata, Dusun Mangir Lor Bonyo, Sendangsari

Oleh : Dimas Wibisono, S.E., M.B.A

S1 Manajemen Alma Ata – Perkembangan pemasaran yang dulunya tradisioanal saat ini menjadi pemasaran digital di era industri 4.0. Metode pemasaran tradisonal pada umumnya menggunakan billboard, banner, flyer ataupun koran dan lain sebagainya, saat ini pemasaran menggunakan digital marketing pada bisnis UMKM dengan menggunakan transaksi jual beli melalui platform digital, seperti sosial media, web, email marketing, video marketing, dan lain sebagainya, suka tidak suka pemasaran digital wajib dilakukan guna untuk meningkatkan penjualan, di tambah lagi permasalahan Covid-19 masih berlangsung hal ini menjadi momentum untuk para pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan pemasaran digital marketing. Pelaku UMKM dapat mempertahankan usahanya serta penjualannya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Mangir Lor Bonyo dilakukan pada hari sabtu 4 Desember 2021. Pembekalan pengoptimalisasi pemasaran digital marketing diikuti 21 pelaku UMKM, dosen prodi manajemen, dan mahasiswa. Produk yang dihasilkan yang terdiri dari pengrajin produk tas, oleh-oleh, katering, olahan makanan, dan lain sebagainya. Pengoptimalisasi digital marketing dilakukan di dusun tersebut dikarenakan belum terimplementasikannya dengan persentase 80%. Hambatan pertama dalam pemasaran digital marketing yang terjadi kurangnya informasi mengenai cara mengoprasionalkan platfrom digital tersebut.

Para pelaku UMKM belum menggunakan paltfrom secara komprehensif seperti halnya membuat akun platfrom akun bisnis, foto produk, serta memasukkannya ke dalam etalase toko, mendesain etalase toko secara optimal hingga memproposikan toko didalam platfrom tersebut. Kedua, mempromosikan, melalui media sosial harus juga menggunakan konsep yang jelas seperti tagline, tema dalam produk untuk dimuat dalam toko digital, serta desain produk penjualan tersebut untuk menarik konsumen.  Hadirnya pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen manajemen UAA serta mahasiswa membangun mindset dalam pemasaran digital marketing dimana era industri 4.0 semua transaksi menggunakan teknologi dalam memasarkan produk serta mengoperasionalkannya. Perlunya peran pendamping perserta untuk para pelaku UMKM agar berkelanjutan dalam mengevaluasi performance suatu usaha. Evaluasi guna untuk memperbaiki mengenai masalah-masalah yang terjadi dalam proses serta penjualan yang sudah menggunakan digital marketing.