Tantangan Profesi Akuntan di Masa Revolusi Industri 4.0

Tantangan Profesi Akuntan di Masa Revolusi Industri 4.0

Prodi Akuntansi Alma Ata – Revolusi pada usia ini teknologi terus menjadi tumbuh pesat. Pertumbuhan ini di satu sisi sangat mempermudah dunia industri serta pekerjaan manusia. Contohnya saja, terus menjadi banyak bermunculan bahan- bahan hasil pengembangan teknologi. Mulai dari hadirnya luar biasa computer, robot pintar, mobil tanpa pengemudi, serta lain- lain. Tetapi di sisi lain, suatu pemikiran melaporkan kalau masa industrialisasi digital melenyapkan 1- 1, 5 miliyar pekerjaan selama tahun 2015- 2025. sebab kedudukan manusia sudah banyak tergantikan oleh mesin. Maksudnya, kedudukan teknologi mulai menggeser kendali atas pekerjaan yang umumnya dicoba oleh manusia.

Kedatangan Revolusi Industri 4. 0 pada kesimpulannya hendak mendesak penyesuaian kerja manusia. Ingin tidak ingin, seluruh profesi wajib menyesuaikan diri dengan teknologi yang tumbuh pada bidangnya tiap- tiap, tercantum profesi akuntan. Dalam 5 tahun ke depan, fitur telekomunikasi, teknologi internet, fitur keras serta manusia hendak tersambung satu sama lain. Dikala itu kedudukan akuntan hendak tergantikan oleh Teknologi AI( Artificial Intelligence) serta robotika dalam melaksanakan pekerjaan bawah akuntan. Mulai dari pencatatan transaksi, pemrosesan transaksi, pemilahan transaksi, otomatisasi penataan laporan keuangan dan analisis laporan keuangan. Seluruhnya bisa dikerjakan secara mandiri oleh mesin tanpa campur tangan manusia. Dengan dorongan mesin, pengelolaan guna bawah akuntan ini pastinya hendak tingkatkan efisiensi serta daya guna kerja dan hasilnya juga bisa langsung dikenal secara real time.

Supaya bisa terus melaksanakan profesi di tengah kemajuan teknologi, kalian yang menjabat selaku akuntan tidak dapat cuma bertumpu pada keahlian penghitungan serta pelaporan akuntansi. Lebih dari itu, seseorang akuntan

butuh fasih mengalami teknologi, supaya sanggup bertahan dalam persaingan. Selaku akibat dari pertumbuhan masa digital, akuntan serta kantor akuntan hendak“ dituntut” meningkatkan aplikasi mobile buat bisa mengakses informasi langsung dari ponsel, tablet, serta fitur teknologi yang lain. Akuntan bertugas mempersiapkan aplikasi mobile buat kliennya supaya bisa mengakses informasi bisnis lewat gawai mereka.

Bukan cuma soal kemampuan teknologi. Selaku akuntan, kalian pula butuh sanggup berpikir kritis serta sistematik dan mempunyai keahlian literasi informasi yang baik. Dengan keahlian analisis yang baik, seseorang akuntan bisa menganalisis serta memakai data dalam format big informasi serta literasi teknologi dengan menguasai metode kerja AI. Tidak hanya itu, seseorang akuntan pula wajib mempunyai kemampuan soft skill, baik interpersonal skill ataupun intrapersonal skill, dan keahlian uraian bisnis.

Dengan kata lain, bila kalian mau bisa terus bertahan selaku akuntan di masa revolusi industri 4. 0, kalian wajib mempunyai kemampuan- kemampuan lain yang cuma dapat dicoba oleh manusia serta tidak bisa digantikan oleh mesin.

Katherine Christ serta Roger Leonard Burrit Dalam Majalah Akuntansi serta Bisnis Edisi Internasional Desember 2016, Mengantarkan 4 langkah yang butuh dicoba akuntan dalam mengalami revolusi industri 4. 0, ialah:

Pemahaman kalau Revolusi Industri 4. 0 Memperkenalkan Kesempatan Baru

Bersikaplah positif terhadap pergantian yang terjalin. Dengan begitu, kalian tidak lagi memandang pergantian selaku ancaman, melainkan kesempatan. Revolusi industri 4. 0 boleh jadi hendak meningkatkan peluang- peluang bisnis yang belum terdapat tadinya. Banyak lho negeri di dunia yang telah terletak pada sesi dini penyebaran data, sehingga diharapkan masyarakatnya lebih siap melakukan revolusi 4. 0 secara total.

Pengembangan Kurikulum yang Relevan

Buat mempersiapkan sumber energi manusia di bidang akuntansi di masa revolusi industri 4. 0, pastinya para praktisi Pembelajaran diharapkan bisa Menyusun kurikulum yang relevan dengan pertumbuhan kebutuhan digital. Penyesuaian kurikulum tersebut di antara lain pelatihan coding, pengelolaan data antara sebagian program serta platform yang berbeda ataupun pelaksanaan real time accounting buat seluruh kementerian serta industri, tercantum pemegang saham.

Pengembangan Sumber Energi Manusia di Bidang Akuntansi

Para akuntan butuh diberikan data serta bimbingan supaya mereka siap mengalami pergantian yang hendak terjalin. Melaksanakan diskusi- diskusi secara berkala bisa jadi salah satu Langkah yang baik.

Sehabis itu, jalani pula penilaian akibatnya terhadap tingkatan keahlian profesi akuntan di masa mendatang.

Pelaksanaan Standar Yang Besar( Reaching Out).

Selaku akuntan, kalian wajib sanggup mempunyai kendali yang optimal atas informasi yang dihasilkan. Informasi ataupun data raga tersebut umumnya diperoleh di dasar tanggung jawab engineer. Maksudnya, ikatan kerja antara akuntan serta engineer wajib berjalan dengan harmonis supaya informasi serta data akuntansi terpelihara dengan baik.