10 Prospek kerja lulusan Perbankan Syariah

10 Prospek kerja lulusan Perbankan Syariah

10 Prospek kerja lulusan Perbankan Syariah

https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-menunjuk-grafik-garis-kertas-590041/Nih, brosis! Lu pada tahu gak, ekonomi dan duit dalam sistem syariah lagi naik daun banget di Indo. Memang sih, kita mayoritas muslim, jadi nggak heran kalo lagi demen sama yang syariah-syariah gitu.

baca juga; kenali kuliah jurusan Perbankan Syariah

Nah, sekarang ini lo bisa banget ambil jurusan perbankan syariah, dan ada 10 peluang kerja keren yang bisa lo kejar!

  1. Jadi Karyawan Bank Syariah Nih, pilihan pertama yang gampang banget, lu bisa jadi pegawai bank syariah. Skrg kan udah banyak bank syariah yang muncul, dan orang-orang makin suka. Lo bisa nyoba melamar di bank-bank syariah yang ada di Indo. Karier lo pasti bakal ciamik banget, bro! Dan gaji? Bisa sekitar Rp5 juta, loh.
  2. Jadi Staf Keuangan Syariah Kalo lo nggak dapet kerja di bank syariah, masih banyak kok lembaga keuangan lain yang pake prinsip syariah. Peluang kerja buat lulusan perbankan syariah ada di mana-mana. Lo bisa dapetin gaji sekitar Rp4 juta, bro.
  3. Jadi Manajer Investasi Setelah lulus dari jurusan perbankan syariah, lo juga bisa jadi manajer investasi. Nah, tugas lo nanti adalah mengatur uang yang diinvestasikan sama nasabah. Contohnya, reksadana berbasis syariah. Kalo lo ngerti di bidang ini, peluang karier lo lebar banget. Gaji bisa sampai Rp5 juta.
  4. Staf Akuntansi Lulusan perbankan syariah juga biasanya punya bekal ilmu akuntansi. Jadi, lo bisa jadi staf akuntansi di perusahaan yang ngikutin konsep syariah. Nah, ilmu lo bisa lo aplikasikan lebih gampang di situ.
  5. Internal Auditor Kerjaan sebagai internal auditor juga bisa banget, bro! Semua perusahaan butuh orang di posisi ini, terutama buat urusan keuangan. Lo bakal ngawasin pengelolaan dan penggunaan uang di perusahaan. Gaji bisa dari Rp5 juta sampe Rp8 juta.
  6. Perencana Keuangan Lo juga bisa jadi perencana keuangan, bro! Kerjaan ini penting dan banyak dicari. Lo bakal atur aliran uang di perusahaan, dan bisa kerja di perusahaan yang pake konsep syariah. Gaji bisa sekitar Rp5 juta.
  7. Analis Keuangan Selanjutnya, lo bisa jadi analis keuangan. Nah, lo bakal analisis keuangan perusahaan berdasarkan laporan keuangan buat bikin keputusan bisnis yang untung. Posisi ini penting banget di perusahaan, bro! Lo juga bisa naik karier, dan gaji lo sekitar Rp5 juta.
  8. Karyawan Pajak Lulusan perbankan syariah nggak cuma bisa kerja di bank, tapi juga di kantor pajak. Profesi ini keren dan punya jenjang karier yang oke. Gaji bisa sekitar Rp5 juta.
  9. Bekerja di Lembaga Islam Bekal ilmu perbankan syariah lo dibutuhkan banget di berbagai lembaga Islam. Sekarang banyak banget lembaga Islam di Indo. Lo bisa dapet gaji yang bervariasi tergantung lembaga dan posisi.
  10. Ahli Ekonomi Islam Kalo lo jago di ekonomi syariah, lo bisa jadi ahli ekonomi Islam. Posisi ini dibutuhkan banget sama masyarakat. Lo bakal ngerjain penelitian di bidang ekonomi Islam, dan orang-orang bakal minta saran ke lo. Gaji lo bervariasi tergantung tempat dan posisi.

Nah, itu dia 10 Prospek kerja lulusan Perbankan Syariah, bro! Semoga info ini bermanfaat buat lo yang lagi mikir mau kuliah apa. Semangat terus, ya!

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang ekonomi syariah, bisa join ke fakultas FEB terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

Edi Susilo and T. Penulis, “10 Peluang Atau Prospek Kerja Perbankan Syariah Dan Gajinya,” RENESIA, Jun. 14, 2020. https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-perbankan-syariah/ (accessed Oct. 26, 2023).

 

Open chat