10 mata kuliah Perbankan Syariah 

10 mata kuliah Perbankan Syariah 

10 mata kuliah Perbankan Syariah  

Perbankan syariah adalah program studi di bidang keuangan dan perbankan yang produk, layanan, dan sistem operasinya didasarkan pada aturan atau hukum Syariah Islam.

Baca juga; 10 Prospek kerja lulusan Perbankan Syariah

Nih, bagi kalian yang ngebet banget sama keuangan syariah, ada jurusan kece banget di perguruan tinggi, yakni jurusan perbankan syariah.Tingginya minat masyarakat Indo buat ngejar keuangan syariah bikin jurusan-jurusan keuangan syariah pada ngehitz di kampus-kampus. Salah satunya adalah jurusan perbankan syariah. Nah, kalau kalian penasaran, ini dia beberapa pelajaran asik yang bakal kamu dapetin di jurusan ini:

  1. Pengantar Ekonomi Mikro Islam

Jadi di mata kuliah ini, kamu bakal belajar soal dasar-dasar konsep kepemilikan dan kebutuhan ala Islam, termasuk gimana alokasi sumber daya dan prinsip-prinsip syariah di ekonomi mikro.

  1. Pengantar Ekonomi Makro Islam

Nah, di mata kuliah yang satu ini, kamu bakal ngobrolin soal analisis ekonomi yang lebih besar, ngebahas faktor-faktor yang mempengaruhi perekonomian suatu negara.

  1. Studi Kelayakan Bisnis

Mata kuliah ini bakal ngebahas cara ngecek apakah bisnis itu bener-bener layak atau nggak. Kamu dikasih skill buat ngebahas, menganalisis, dan menilai sejauh mana suatu bisnis layak berdasarkan berbagai aspek, kayak hukum, sosial, pasar, dan lain-lain.

  1. Layanan Produk dan Jasa Bank Syariah

Di sini, Kamu bakal belajar ke dalam dunia perbankan tentang  produk dan jasa yang ditawarkan sama bank-bank syariah dan aturannya.

  1. Lab Perbankan Syariah

Mata kuliah lab perbankan syariah ini lebih ke praktik langsung, Kamu bakal cobain ilmu teori yang udah Kamu pelajarin di aktivitas-aktivitas perbankan di lapangan.

  1. Manajemen Keuangan Islami

Nah, di sini, kalian akan coba belajar mengenai sistem keuangan yang dipakai di berbagai negara, termasuk di Indo. Kalian bakal belajar tentang filosofi, teori, dan konsep keuangan dalam Islam.

  1. Etika Bisnis Menurut Islam

Di mata kuliah ini, kamu bakal mempelajari soal etika bisnis dalam pandangan Islam, mulai dari hakikatnya, prinsip-prinsipnya, sampe tanggung jawab sosial dalam bisnis.

  1. Pengantar Akuntansi Syariah

Ini jadi mata pelajaran pengantar buat akuntansi syariah, beserta cara penerapannya di bisnis berbasis syariah dan teknik penyajian informasi keuangan.

  1. Analisis Laporan Keuangan Syariah

Di mata kuliah ini, kamu akan belajar cara mengurai, memahami, menganalisis, dan menginterpretasi data laporan keuangan dengan metode dan teknik khusus buat pengambilan keputusan bisnis.

  1. Manajemen Aset Dan Liabilitas

Mata pelajaran yang sering disebut ALMA ini fokus pada pengelolaan aset dan kewajiban lembaga atau perusahaan dengan strategi tertentu.

Itulah 10 mata kuliah Perbankan Syariah mata kuliah seru yang bisa Kamu temuin kalau masuk jurusan perbankan syariah. Semoga ngebantu buat referensimu! Semangat kuliah!

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang ekonomi syariah, bisa join ke fakultas FEB terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

Edi Susilo and T. Penulis, “Mengenal Beberapa Mata Kuliah Perbankan Syariah Untuk Jenjang S1,” RENESIA, Jun. 15, 2020. https://www.renesia.com/mata-kuliah-perbankan-syariah/ (accessed Oct. 26, 2023).

 

 

Open chat