kenali kuliah jurusan Perbankan Syariah

kenali kuliah jurusan Perbankan Syariah

kenali kuliah jurusan Perbankan Syariah

Eh bro lu tau nggak, sekarang lagi ngetrend banget nih sektor keuangan syariah di jaman sekarang. Gak heran, deh, karena lagi banyak dicari banget nih sumber daya manusia di bidang syariah. Terutama yang berhubungan sama dunia keuangan dan perbankan syariah, wah, lagi booming banget, guys! Kalo lu ada minat buat eksplor lebih jauh soal keuangan dan perbankan syariah, banyak perguruan tinggi di Indo yang punya jurusan yang beneran ngebidangin ini. Gak cuma itu, peluang karier buat lulusannya juga cerah banget, deh!

Yuk kenali kuliah jurusan Perbankan Syariah dan keuangan syariah

baca juga; Etika Berbisnis dalam Islam

Sekarang di Indo, lagi banyak banget penerapan sistem ekonomi syariah, guys. Ini tujuannya buat ngindarin riba atau bunga dan juga ngindarin transaksi yang diharamin dalam Islam. Buat ngehasilin SDM yang paham betul soal keuangan dan perbankan syariah, beberapa perguruan tinggi di Indo buka jurusan yang ngebahas banget soal ini.

Nah, yang perlu lo tau, jurusan keuangan dan perbankan syariah ini tuh jenis bidang keuangan dan perbankan yang berlandaskan syariah Islam. Jadi, sistem operasionalnya beda banget sama yang konvensional yang udah lo kenal selama ini. Di keuangan dan perbankan syariah, prinsip bagi hasil itu jadi landasannya untuk semua produknya.

Tujuan Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah

Nah, buat mendukung sistem ekonomi syariah di Indo, kita butuh SDM yang punya kualitas dan ngerti banget soal prinsip bank syariah. Mereka bisa jaga stabilitas ekonomi dan paham banget soal ekonomi Islam secara keseluruhan. Kehadiran keuangan dan perbankan syariah itu yang ngebuka peluang buat ada jurusan keuangan dan perbankan syariah di perguruan tinggi.

Ada tujuan keren banget buat jurusan ini, guys. Mereka pengen ngehasilin lulusan diploma dan sarjana yang bener-bener jago dan bisa aplikasiin ilmunya di bidang keuangan dan perbankan, dan yang lebih keren lagi, mereka bisa jadi intrepreneur yang punya inovasi dan kreativitas buat berwirausaha dengan menggabungin konsep keuangan syariah dan teknologi informasi.

Konsentrasi dalam Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah

Jurusan kece ini punya tiga konsentrasi yang bisa diambil sama mahasiswa, guys. Ada yang konsen di bisnis keuangan, yang bertujuan buat bikin lulusan yang bisa jadi ahli dalam mengelola keuangan bisnis. Ada juga yang konsen di perbankan syariah, yang ngehasilin lulusan yang bisa ngerti betul konsep bank syariah dan bisa jalankan sesuai syariat Islam dengan teknologi informasi. Terus, ada juga yang konsen di perbankan umum, yang ngehasilin lulusan yang bisa ngerti sistem perbankan dan bisa kerja di berbagai fungsi bank dengan teknologi informasi.

Dalam mengenali kuliah jurusan Perbankan Syariah Apa Aja yang Dipelajari di Jurusan Ini?

Materi yang diajarin di jurusan ini bisa cukup rumit, jadi lulusannya mesti punya dasar yang kuat. Mereka akan pelajarin mata kuliah kayak keuangan syariah, akuntansi, manajemen risiko, ekonomi Islam, dan lain-lain. Pokoknya, buat jalein jurusan ini, mesti punya ilmu dasar yang kuat, ya, guys?

Prospek Kerja Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah

Nah, buat kamu yang udah lulus dari jurusan ini, ada banyak banget peluang karier, guys. Lu bisa kerja di berbagai sektor keuangan, kayak manajemen perusahaan, jadi konsultan keuangan, kerja di perusahaan asuransi, atau masuk bank syariah atau konvensional. 

Lu juga bisa kerja di sektor keuangan BUMN, jadi dosen di universitas Islam, manajer keuangan, auditor, atau bahkan jadi wirausaha di bidang keuangan, kayak forex atau jual-beli saham. Jadi, buat kamu yang pengen banget belajar soal keuangan dan perbankan syariah, mendingan pilih jurusan yang ngecover ini, guys. Selain lu bisa belajar banyak soal keuangan dan perbankan syariah, prospek kerja buat lulusannya juga bagus banget. Gak rugi, deh!

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang ekonomi syariah, bisa join ke fakultas FEB terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

“Kayak Gimana Kuliah Keuangan dan Perbankan Syariah,” LP3I, 2020. https://www.lp3i.ac.id/kayak-gimana-kuliah-keuangan-dan-perbankan-syariah/ (accessed Oct. 26, 2023).

 

Open chat