5 Alasan menarik kenapa jurusan perbankan syariah sangat digandrungi

5 Alasan menarik kenapa jurusan perbankan syariah sangat digandrungi

5 Alasan menarik kenapa jurusan perbankan syariah sangat digandrungi

Sejak aturan syariah mulai diterapkan di bisnis perbankan Indo pada 1 November 1991 lalu oleh MUI, ekonomi kita masuk ke level baru nih. Jadi, karena semakin banyak bank syariah di Indo, kita bisa bilang bahwa ekonomi syariah ini lagi naik daun banget. dan pertumbuhan industri perbankan syariah melejit banget, ga cuman soal badan usaha banknya aja, tapi juga soal peraturan, pengawasan, dan edukasi masyarakat tentang jasa keuangan syariah.

Dan juga Ada bank-bank yang awalnya konvensional, eh sekarang mereka udah ‘ngikutin arus’ dan pake sistem syariah buat operasionalnya. Ini awalnya dimulai tahun 1992 dengan UU Nomor 7/1992 yang ngasih izin bank buat operasional dengan sistem bagi hasil. Dan juga dasar dari bisnis perbankan syariah adalah prinsip syariah, demokrasi, ekonomi, dan kehati-hatian. Prinsip syariah ini artinya gak boleh ada riba, maisir, gharar, objek haram, atau yang bikin orang dirugikan.

Baca juga; Prinsip Dalam Ekonomi syariah

Perbankan Syariah atau Perbankan Islam itu sistem perbankan yang dibangun berdasarkan syariah Islam. Mereka gak boleh ambil atau kasih bunga yang disebut riba, dan gak boleh investasi di bisnis yang dilarang, kayak makanan atau minuman haram, atau media yang nggak Islami. Nah, karena ini penting banget, sekarang banyak kampus yang buka jurusan perbankan syariah. Jurusan ini dibuka buat siapin tenaga ahli di bidang keuangan yang ngerti agama.

Jurusan perbankan syariah ini lagi jadi primadona nih. Biasanya, jurusan ini diadain di kampus-kampus Islam. Nah, buat yang penasaran, berikut ini beberapa alasan kenapa orang milih jurusan perbankan syariah:

  1. Jadi Ahli Ekonomi Islam

Di Indo, mayoritas orang Islam, kan? Nah, di Islam ada aturan khusus buat urusan keuangan. Ada beberapa produk di perbankan yang Islam nggak izinin, kayak pinjaman dengan bunga yang dianggep riba dan haram. Jadi, orang banyak yang pengen ngindarin itu. Biar perbankan sesuai sama aturan Islam, makanya ada pendidikan khusus buat perbankan syariah. Di jurusan ini, mahasiswa belajar soal perbankan dan hukum Islam, jadi sistem keuangan mereka bener-bener sesuai syariah.

  1. Belajar Banyak Hal

Selain soal perbankan, di jurusan perbankan syariah, kamu bakal belajar banyak hal ga cuman satu. Beberapa kampus juga ngasih ilmu soal perpajakan, akuntansi, dan investasi, yang nanti bisa bantu kamu banget di dunia perbankan.

  1. Banyak Lowongan Kerja

Peluang kerja di perbankan syariah super luas. Jumlah nasabah di bank syariah udah 23 juta lebih, dan terus naik tiap tahun. Banyak bank syariah baru bermunculan, jadi pasti banyak lowongan buat lulusan jurusan perbankan syariah.

  1. Jadi Ahli Keuangan

Dengan lulus dari jurusan perbankan syariah, kamu bisa jadi ahli keuangan, buat diri sendiri atau buat perusahaan. Kamu bakal bisa ngatur keuangan dengan prinsip Islam yang kamu pelajari.

  1. Gaji Tinggi

Alasan terakhir, gaji di perbankan syariah bisa tinggi banget, sama kayak di perbankan biasa. Bahkan, lulusan baru juga bisa dapet gaji lumayan, apalagi kalau udah naik jabatan. Gaji naik, hidup makin enak.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang ekonomi syariah, bisa join ke fakultas FEB terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Jadi, itulah 5 Alasan menarik kenapa jurusan perbankan syariah sangat digandrungi  Semua  kebeneran berdasarkan itu adalah alasan dari kenyataan, jadi jangan ragu buat masukin ini ke daftar pilihan jurusan kamu ya.

Refrensi

Hatni, “Jurusan Perbankan Syariah Semakin Diminati. Mengapa?,” April’s Diary | Stories of My Journey, Oct. 27, 2022. https://www.aprilhatni.com/2022/10/jurusan-perbankan-syariah.html (accessed Oct. 26, 2023).

 

 

Open chat