Antara Ibadah Dan Bisnis Di Bulan Ramadhan

Antara Ibadah Dan Bisnis Di Bulan Ramadhan

Authors: Moh. Rofi’ieh – 232400400

Prodi Manajemen Alma Ata – Bulan ramadhan merupakan bulan yang mana semua umat muslim memperbanyak ibadah untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena pahala ibadah dibulan ramadhan lebih besar ketimbang di bulan lainya, bahkan bisa dikatakan pahala ibadah dibulan ramadhan terlipat gandakan. Selain menjadi tempat untuk kita beribadah, bulan ramadhan juga bisa menjadi momen bisnis yang sangat penting untuk para pengusaha, apalagi bagi pengusaha makanan kuliner, ramadhan menawarkan peluang yang sangat besar bagi kita untuk bisa meningkatkan pendapatan dan meraih sebuah keuntungan yang begitu signifikan. Namun dibalik peluang bisnis yang begitu menggiurkan, kita perlu memiliki adanya kesadaran dalam diri kita, akan pentingnya menjaga keseimbangan antara ibadah dan juga bisnis dibulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan dimana permintaan akan makanan khususnya sahur dan buka puasa meningkat secara signifikan. peluang bagi para pengusaha makanan kuliner terbuka lebar, baik makanan tradisional atau makanan modern, yang dapat menggoda selera, ini merupakan kesempatan serta peluang besar bagi para pengusaha untuk bisa menciptakan produk makanan yang unik serta rasanya yang enak sehingga bisa memiliki daya tarik yang kuat terhadap pelanggan serta juga bisa meningkatkan performa perusahaan. Tentunya bukan cuman perusahaan besar bahkan warung-warung, restoran serta pedagang kaki limapun bersiap-siap untuk menyediakan hidangan lezat serta unik bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Hal itu menunjukkan betapa banyaknya saingan kita di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, jadi kita juga harus meningkatkan persaingan serta inovasi dan ke kreativitasan kita, agar produk kita tidak kalah saing terhadap pedagang\pengusaha lainya. Namun, ditengah gencarnya persaingan bisnis, penting bagi kita untuk selalu mengutamakan nilai-nilai keagamaan dan juga moralitas dalam setiap langkah kita. Kita juga harus menjaga kualitas serta kebersihan produk kita, dan juga memberikan harga yang wajar, hal itu merupakan sesuatu yang tidak boleh diabaikan oleh setiap pengusaha guna menjaga kepercayaan pelanggan dan keberkahan suatu usaha. Selain itu Pelaku usaha juga harus mempertimbangkan aspek kesehatan saat menyediakan makanan dan minuman, karena kesehatan sangatlah penting selama bulan Ramadhan, karena umat Islam perlu menjaga tubuh  tetap sehat dan kuat  sepanjang hari selama berpuasa. Oleh karena itu, penyediaan makanan  bergizi, seimbang dan higienis di perusahaan katering selama bulan Ramadhan harus menjadi prioritas utama.

Ramadhan bukan hanya sekedar peluang bisnis, tapi juga peluang bagi kita untuk berbagi dan mengambil manfaat dari sesama. Bagi para pengusaha\pedagang apalagi pengusaha\pedagang kuliner, saat ini adalah waktu yang tepat untuk  bermitra dengan badan amal dan juga yayasan sosial untuk menyediakan makanan bagi mereka yang membutuhkan. Tindakan kebaikan tersebut tidak hanya mendatangkan kepuasan emosional, namun juga menciptakan citra positif perusahaan kita di mata masyarakat.

Dengan demikian, peluang usaha di bulan ramadhan bukan hanya karena kita ingin mencari keuntungan semata, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa menjalankan bisnis kita dengan penuh kesadaran akan nilai-nilai moral, agama, serta sosial. Dengan kita menjaga keseimbangan antara ibadah dan bisnis, maka kita akan mendapatkan kesuksesan yang berkelanjutan dan mendapatkan berkah dalam setiap langkah kita.

Open chat