BENTUK PEMBAYARAN MASA PANDEMI COVID 19

BENTUK PEMBAYARAN MASA PANDEMI COVID 19

BENTUK PEMBAYARAN MASA PANDEMI COVID 19

Oleh Kusumaningdiah Retno S. dan Abi Suryono

 

Masa Pendemi covid 19 yang blum menunjukkan penurunan meberikan dampak perubahan dalam “Life Stlye” perubahan atas gaya hidup seiring dengan kebutuhan manusia dalam bertransaskis antara lain: melakukan pembayaran belanja non tunai dimana bias membantu menurunkan kontak antar manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Inisiatif Bank Indonesia (BI) yang akan membuat gerbang pembayaran nasional atau national payment gateway (NPG) sendiri. Apa untungnya untuk Indonesia? selama ini Indonesia menggunakan gerbang pembayaran perusahaan asing seperti Visa dan MasterCard. Setiap transaksi yang menggunakan jaringan tersebut maka dananya mengalir dulu ke negara perusahaan asing itu berasal, baru setelahnya masuk ke Indoensia.”Artinya uang kita beredarnya di mereka (negara tempat perusahan asing bermarkas).

Bila Indonesia memiliki gerbang pembayaran sendiri, maka akan meminimalisir dana perbankan yang keluar dengan kita memiliki NPG sendiri artinya uang berputar di Indonesia saja
Dengan begitu, lanjut Hari, maka aliran dana di perbankan Indonesia bisa lebih besar dan efisien. Sebab tidak perlu lagi ada aliran dana yang harus mampir dulu ke negara lain.

“Sebenarnya manfaatnya kalau dilihat lebih kepada cash flow, aliran uang. Selama ini alliran uangnya di sana, nah nanti dinikmati di kita. Aliran transaksi di Indonesia ini besar, buktinya Visa dan Master Card ada disini,” Sistem perbankan Indonesia siap untuk menunjang NPG sendiri. Meskipun harus ada investasi teknologi.”Itu kan menyangkut kesiapan teknologinya. Itu yang menjadi hal utama, artinya integrasi dari beberapa pihak,”