MENGUNTUNGKAN, ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN DENGAN MENERAPKAN ILMU MANAJEMEN

MENGUNTUNGKAN, ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN DENGAN MENERAPKAN ILMU MANAJEMEN

 

Source : pelayananpublik.id

Prodi Manajemen Alma Ata – Dewasa ini, perkembangan semakin pesat dan canggih. Baik dalam bidang pendidikan, teknologi, maupun informasi. Banyaknya dunia digital dalam aspek kehidupan memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mengakses apa pun. Terutama dalam kepentingan mengakses informasi, terlebih untuk kepentingan study dan pekerjaan. Dengan begitu perlunya manajemen yang baik untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan kepentingan atau hanya sekadar hiburan semata.  Karena ilmu manajemen sangat penting dalam mengatur dan mengarahkan individu maupun kelompok atau sebuah organisasi.

Dijelaskan bahwa dengan mempelajari ilmu manajemen dapat membentuk pribadi yang ulet dan teliti, mampu berkomunikasi dengan baik, dan dapat meningkatkan kemampuan dalam menganalisis problem solving. Tidak dapat dipungkiri jika banyak yang dapat dipelajari dari ilmu manajemen. Dari manajemen waktu, manajemen diri, manajemen keuangan, manajemen organisasi, manajemen produksi, sampai manajemen pemasaran dan seterusnya.  Ilmu-ilmu manajemen ini sangat solutif dalam segala bidang dan sudah pasti diterapkan dalam dunia bisnis. Bukan hanya dalam perusahaannya, tapi juga dari pimpinan hingga karyawannya. Semuanya dibekali dan diterapkan ilmu-ilmu manajemen dalam menjalankan tugas masing-masing dan tugas yang bersifat team.

Dalam buku Pengantar Manajemen (2018) karya M. Anang Firmansyah dan Budi W. Mahardika, ilmu manjemen mempermudah pekerjaan manusia melalui ilmu dan pengetahuan yang dipelajarinya. Dari itu kita bisa memahami betapa pentingnya ilmu manajemen dalam suatu pekerjaan dan sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan dipahami bahwa organisasi atau perusahaan itu memiliki tujuan bersama, maka dari itu sangat diperlukannya ilmu manajemen karena tanpanya perusahaan atau organisasi akan mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan tersebut.

Manajemen akan memulai dari perencanaan, implementasi dan evaluasi. Tahap perencanaan ini memiliki peran utama dan yang terpenting karena berada ditahap pertama yang dimana tahap pertama akan selalu memberikan pengaruh untuk tahap-tahap selanjutnya. Perencanaan merupakan proses menetapkan tindakan atau aktivitas organisasi atau perusahaan yang akan dilaksanakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang dengan matang. Hasil perencanaan pun juga digunakan sebagai pedoman pelaksanaan dan pedoman untuk evaluasi nantinya. Tahap implementasi atau tahapan pelaksanaan, dimana tahap ini menjalankan seluruh perencanaan yang telah ditentukan dan ditetapkan dalam tahap sebelumnya atau tahap perencanaan. Sederhananya implementasi atau pelaksanaan ini sebagai operasionalisasi dari bermacam-macam aktivitas. Yang tentunya akan melibatkan semua jajaran manajemen, dari manajemen puncak hingga karyawan paling bawah untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.  Pendapat Taliziduhu Ndraha (2003:161) bahwa, “Actuating dijalankan meliputi berbagai subfungsi, seperti komunikasi, koordinasi, dan kepemimpinan”. Tahapan evaluasi, tahapan terakhir setelah terlaksananya pelaksanaan dari perencanaan organisasi atau perusahaan. Evaluasi ini sangat diperlukan guna mengetahui setiap kendala dan hasil dari pelaksanaannya. Namun sebelum adanya evaluasi sangat diperlukannya proses analisis dari setiap aktivitas dan kebijakan. Evaluasi ini bertujuan untuk mencari kekurangan dan menutup kekurangan, sebagai upaya tujuan kebijakan bersama yang telah ditetapkan di awal dapat tercapai. Kehadiran pimpinan juga memberikan pengaruh yang besar, yaitu guna memberikan keputusan atas kebijakan yang berpedoman dengan perencanan.

Ilmu manajemen itu memiliki ketertarikan tersendiri, selain karena sangat penting untuk suatu organisasi atau perusahaan. Ilmu manajemen memberikan dampak positif untuk kita yang mempelajarinya, memahaminya, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sederhana saja, sebagai mahasiswa atau pelajar kita bisa memanajemen waktu, memanajemen diri sudah sangat bagus. Bermanfaat untuk diri sendiri dan memberikan dampak yang baik pula untuk lingkungan sekitar.

 

Salam literasi, salam inspirasi.

 

Sumber :

Prof. Dr. H. A. Yunus, Drs., SH., MBA., M., Si dalam buku Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi Kebijakan (Fungsi-Fungsi Manajemen).

Muhammada Arifin, MPd., Jurnal EduTech, Strategi Manajemen Perubahan dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi.

Vanya Karunia, Alasan Pentingnya Ilmu Manajemen.

Open chat