mengenal kuliah jurusan Ekonomi Syariah

mengenal kuliah jurusan Ekonomi Syariah

mengenal kuliah jurusan Ekonomi Syariahhttps://www.pexels.com/id-id/foto/tanda-buku-catatan-pena-karet-4386341/

Bro, di Indonesia mayoritas penduduknya Islam kan? Nah, buat ngelawan riba dalam transaksi sehari-hari, sekarang banyak banget bank dan lembaga keuangan yang berbasis syariah, cuy! Banyak banget lho! Dan kabarnya, jumlahnya bakal terus nambah, jadi masa depan di bidang ini keliatan cerah banget buat kita, bro.

Nah, buat yang kerja di sana biasanya lulusan dari jurusan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah. Penasaran gak sama pelajaran di jurusan itu? Ayo, cekidot!

Yuk Kita Ngepoin Jurusan Ekonomi Syariah

Jurusan Ekonomi Syariah atau sering disebut Ekonomi Islam tuh belajarnya tentang ekonomi dari sudut pandang Islam. Kita akan belajar gimana ilmu ekonomi, teori, dan sumber daya ekonomi bisa memenuhi kebutuhan manusia sesuai dengan ajaran Islam. Jadi, semua aktivitas ekonomi kayak jual-beli, utang-piutang, simpan-pinjam, bagi hasil, semuanya diatur berdasarkan ajaran Islam, bro.

baca juga; Perbedaan jurusan Ekonomi dengan Ekonomi syariah

Intinya, pelajaran di jurusan ini kayak di jurusan ekonomi biasa, tapi berdasarkan prinsip syariah Islam, yaitu Al-Quran, Hadits, dan hukum-hukum fiqih. Jadi, setelah masuk jurusan ini, kita bakal paham gimana cara ngelola duit dan bisnis sesuai dengan aturan Islam.

Mata Kuliah di Jurusan Ekonomi Syariah

Gak usah heran, di jurusan Ekonomi Syariah bakal ada mata kuliah yang spesifik bahas Ekonomi Islam, bro. Beberapa mata kuliah yang bakal kita pelajari kayak Prinsip Dasar Hukum Islam, Akuntansi Syariah, Filosofi Ekonomi Syariah, Makro dan Mikro Ekonomi Syariah, Infaq, Shadaqoh dan Wakaf, Fiqh Muamalah, Ushul Fiqh, dan masih banyak lagi.

Nanti, setelah lulus, kita bisa dapet gelar S.E (Sarjana Ekonomi). Tapi di beberapa kampus juga ada yang kasih gelar lain, kayak S.E.I (Sarjana Ekonomi Islam) atau S.E.Sy (Sarjana Ekonomi Syariah).

Setelah lulus dari jurusan Ekonomi Syariah, kita bakal punya beberapa skill nih, bro:

  • Bisa ngerti konsep dan aplikasi ekonomi dan keuangan Islam buat cari solusi buat masalah di masyarakat atau perusahaan.
  • Bisa ngerjain riset yang gabungin ilmu ekonomi konvensional dan ekonomi Syariah buat cari solusi masalah ekonomi sesuai dengan aturan syariah.
  • Bisa terapin ilmu Ekonomi Syariah di masyarakat, dengan tetep pegang teguh nilai-nilai agama, etika, moral, dan integritas.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

Industri ekonomi syariah lagi naik daun banget, bro. Jadi, peluang kerja buat kita setelah lulus dari jurusan ini banyak banget. Kita bisa kerja di bank syariah atau bisnis halal lainnya. Sekarang juga banyak banget perusahaan yang ikut aturan syariah, bahkan kita bisa coba jadi pejuang di dunia startup.

mengenal kuliah jurusan Ekonomi Syariah kebanyakan lulusan jurusan ini banyak kerja di berbagai lembaga keuangan. Gak cuma di bank syariah atau non-bank, tapi juga di lembaga pemerintah (Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Kementerian Keuangan), perbankan dan asuransi syariah (BNI Syariah, BRI Syariah, dan Takaful), lembaga keuangan internasional (Islamic Development Bank), lembaga keuangan syariah lainnya (Pasar Modal Syariah dan Pegadaian Syariah), lembaga pendidikan, penelitian, dan konsultan.

Pilihan pekerjaan juga banyak, bisa jadi akuntan, auditor, analis keuangan, ahli ekonomi, dosen atau pengajar, atau penasihat keuangan pribadi. Pokoknya, banyak pilihan deh, bro!

Jadi, tertarik gak buat jadi mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah? Ayo, mulai persiapkan diri dari sekarang, bro!

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang ekonomi syariah, bisa join ke prodi Ekonomi syariah dan fakultas FEB terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Refrensi

Ruangguru Tech Team, “Ayo Bedah Jurusan Ekonomi Syariah, dari Mata Kuliah hingga Prospek Kerja – Belajar Gratis di Rumah Kapan Pun! | Blog Ruangguru,” Belajar Gratis di Rumah Kapan Pun! | Blog Ruangguru –, Jan. 17, 2022. https://www.ruangguru.com/blog/ayo-cari-tahu-tentang-jurusan-ekonomi-syariah (accessed Oct. 26, 2023).

 

Open chat